Kamis, 20 Desember 2012

AKU BUKAN SMP LAGI Sebuah renungan kehidupan antara masa SMP yang telah lewat Dan masa SMU yang sedikit lagi akan aku jalani…………….


Renungan Peralihan Kehidupan SMP – SMA
Onal Maturbongs

AKU BUKAN SMP LAGI
Sebuah renungan kehidupan antara masa SMP yang telah lewat
Dan masa SMU yang sedikit lagi akan aku jalani…………….
By: O’nal dkk.

Lagu: Pie Jesu

Pengantar/Persiapan:
·         Mengajak semua siswa untuk duduk berdasarkan SMP masing-masing.
·         Mengajak siswa untuk duduk dengan teman yang paling dekat waktu SMP, misalnya: pacar, teman curhat, teman 1 geng, teman yang paling disayang, teman 1 kelas (jika ada).
·         Mengajak siswa untuk duduk dengan serileks mungkin tetapi tetap konsentrasi.
·         Mengajak siswa untuk tenang sambil mempersiapkan diri masuk dalam renungan kehidupan.
·         Memutar lagu: Engkaulah segalanya………

Doa dan Renungan:
·         Tanda Salib: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus…………Amin.

Hening sejenak……instrument singkat: The Lonely Shepherd

·         Penyadaran diri akan keterbatasan dan dosa di hadapan Tuhan
Marilah kita menyadari akan segala kelemahan dan dosa-dosa kita di hadapan Tuhan agar kita pantas dan layak hadir di hadapan Tuhan dengan segala keterbatasan dan kekurangan diri kita. Kita hening sejenak……..

Lagu: Tuhan (Wali)

·         Doa Pembukaan diiringi instrument The Lonely Sheperd

Marilah kita berdoa, Tuhan Yesus, kami tahu bahwa Engkau akan selalu membuka hatiMu kepada setiap orang yang datang kepadaMu.
Kami anak-anakmu, kini ada dihadapanMu, datang untuk berdoa dan bersyukur sambil merenungkan sebagian dari perjalanan hidup kami.
Sebuah peralihan hidup dari masa-masa indah bersama dengan SMP tercinta kami masing-masing dan sekarang kami hendak mempersiapkan diri untuk masuk dalam jenjang pendidikan SMU.
Kau telah memberikan kepada kami begitu banyak SMU, tetapi kami lebih memilih untuk masuk SMU Don Bosco.
Bantu kami untuk bisa memberikan yang terbaik mulai dari sekarang ini sambil belajar untuk merenungkan makna hidup kami yang telah lewat untuk melangkah ke masa depan yang lebih baik.
Hadirlah ya Tuhan sekarang ini dan terangi hati kami untuk merenungkan kehidupan kami.
Doa ini kami sampaikan kepadaMu, dengan perantaraan Kristus Tuhan kami bersama dengan Roh Kudus, kini dan sepanjang segalam masa……Amin.

·         Bacaan Kitab Suci:
Markus 2:21-22

Tidak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya.
Demikian juga tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula.



·         Renungan Kehidupan:

Ajakan awal sebelum renungan sebagai persiapan untuk masuk dalam permenungan………………

Instrumen: Kal ho na ho

Teman-teman yang terkasih, anda dan saya adalah anggur yang baru yang harus selalu ditempatkan di dalam kantong yang baru.Seiring berjalannya waktu, sadarlah bahwa anda dan saya selalu mengalami perubahan.Perubahan itu hendaknya perubahan yang baik bukan sebaliknya.Bahwa menjadi lebih baik atau lebih buruk itu adalah sebuah pilihan.Tapi apakah diantara kita yang mau memilih untuk menjadi lebih buruk?Tentu saja tidak.Kita semua ingin menjadi lebih baik.baik dalam segala hal. Baik dalam belajar, baik dalam perilaku, baik dalam tutur kata, baik sebagai anak papa dan mama, baik sebagai siswa, bahkan baik dalam hal kecantikan dan kegantengan.Itulah kita sebagai anggur yang baru.
Bagaimana dengan kantong yang baru?Kantong yang baru adalah pengalaman hidup kita yang selalu berubah.Anda sadar atau tidak, hidup anda dan saya senantiasa dihiasi dengan pengalaman-pengalaman hidup yang baru.Selalu saja ada yang pergi.Tetapi selalu saja ada yang datang.Dulu kita di SMP sekarang kita di SMU.Kita tidak hanya hidup pada masa dan waktu yang sama, melainkan masa dan waktu yang terus menerus berubah. Dulu kita adalah seorang bayi kecil di pelukan mama.Dulu kita adalah anak kecil yang imut dan lucu yang sehari-hari cuma bermain dan bermain.Dulu kita duduk di bangku SD dengan pakaian putih dan merah.Baru saja kita tinggalkan satu hal yang lama yakni masa SMP.Sadarlah teman-teman bahwa anda sekarang ini sudah menjadi siswa SMU.Sadarlah bahwa SMU adalah kantong yang baru.Karena itu, jadikan kantong yang baru ini menjadi pengalaman berharga buat anda.Jadikan SMU Don Bosco sebagai kesempatan emas untuk menjadi lebih baik.
Anda dan saya adalah anggur yang baru.SMU Don Bosco adalah kantong yang baru.Biarkan diri anda untuk dibimbing di SMU Don Bosco untuk menjadi kado terindah dalam kehidupan.

Pembaca 1

Aku bukan siswa SMP lagi…………..ya, aku bukan siswa SMP lagi tetapi aku adalah seorang siswa SMU…….teman-teman yang terkasih…….sekarang ini saya mengajak anda untuk mengingat kembali suasana SMP anda masing-masing……….cobalah ingat kembali pertama kali anda menginjakkan kaki di SMP anda masing-masing……….cobalah ingat kembali ruangan kelas anda……ingatlah kembali tempat favorit anda saat anda istirahat, bercanda dan bermain……..ingatlah kembali wajah kepala sekolah anda………ingatlah kembali wajah wali kelas anda………ingatlah kembali guru-guru anda, khususnya guru yang paling anda sukai………ingatlah juga guru yang paling anda benci…….ingatlah wajah teman-teman anda yang dimana saja anda berada, dia juga berada bersama anda………ingatlah wajah pacar anda, entah satu sekolah dengan anda atau berbeda sekolah karena dia juga telah menghiasi masa SMP anda…….teman-teman yang terkasih masa SMP adalah sebuah kenangan terindah yang telah membentuk anda yang kini perlahan-lahan akan hilang…….tentu ada kenangan manis disana, tetapi juga kenangan pahit…….

Puisi dan Lagu: Puisi Terindah……………

Ka’ Onal

Teman-teman terkasih, kenangan bersama SMP anda adalah kenangan kemarin, sekarang anda bukan lagi siswa SMP melainkan siswa SMU……….

Lagu: Semua tentang kita………

Instrument: Jesus Remember Me

Ka’ Onal

Teman-teman yang terkasih, ketika anda datang ke SMU Don Bosco demi melanjutkan pendidikan, pasti saja didorong dengan berbagai hal entah dari dalam diri anda tetapi juga dari luar diri anda.Mungkin ada diantara anda yang datang karena memang suka SMU Don Bosco.Tapi mungkin juga anda datang karena biar dekat dengan teman anda.Mungkin juga karena nasehat atau desakan orang tua anda sehingga datang ke tempat ini.Apapun yang mendorong anda ke tempat ini, sadarlah bahwa anda sekarang ini siswa dan siswi SMU Don Bosco.Karena itu katakan dalam hati anda, SMU Don Bosco saya datang.Katakan sekali lagi dalam hati anda, SMU Don Bosco saya datang.
Sadarlah bahwa anda ada ditempat ini tidak sendirian melainkan senantiasa di dorong oleh orang tua anda.Karena itu, cobalah untuk hadirkan bapa dan mama anda sekarang ini.Ingatlah wajah kedua orang tua anda karena dalam wajah mereka tersirat harapan indah buat anda.Sekali lagi, hadirkan orang tua anda sekarang ini dengan mengingat wajah mereka.

Pembaca 2

Ayah……….ayah…….ayah…….ayah adalah sosok pria sejati yang selalu ada bersama kita……ayah yang selalu membanting tulang untuk menyekolahkan kita……….cobalah menghadirkan wajah ayah kita masing-masing……..ingatlah kembali bentuk tubuh ayah kita dari kepala sampai kaki……….hadirkan ayah anda masing-masing……..mungkin ada diantara kita yang ayahnya seorang petani………mungkin juga seorang tukang ojek……mungkin juga seorang pengusaha…….mungkin juga seorang pegawai……apapun pekerjaan ayah anda, mereka Cuma memikirkan anda…….ingatlah bahwa ayah bekerja membanting tulang bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk anda…….ingatlah sosok seorag ayah yang selalu menjadi tempat curhat…….sosok ayah yang selalu marah-marah……sosok ayah yang memanjakan………apapun pribadi ayah anda…..dia adalah ayah anda…….mungkin juga ada yang tidak punya ayah lagi……entah karena meninggal atau karena pergi meninggalkan anda dan ibu anda…….dimanapun dia, dia adalah ayah anda……katakan dalam hati: ayah…aku sayang ayah…..katakan sekali lagi……ayah, aku saying ayah……

Lagu: Ayah (ariel dkk)……

Instrument: Confitemini

Pembaca 3

Mama…….mama……..mama……mama adalah pribadi yang melambangkan kelembutan cinta……mama adalah sosok wanita perkasa……..mama adalah tempat dimana kita menangis, tertawa dan mengungkapkan semua pengalaman hidup kita……….teman-teman terkasih……cobalah untuk menghadirkan mama anda sekarang ini………ingatlah wajah mama anda yang mungkin sudah tidak secantik dulu lagi…….mungkin diantara kita ada yang memiliki mama yang hanya seorang pembantu rumah tangga…….mungkin hanya seorang penjual sayur…..mungkin juga seorang pegawai……atau mungkin Cuma di rumah saja……..sadarkah bahwa mama selalu kita pulang?......sadarkah bahwa mama selalu menangis untuk anda?.........kita semua memiliki mama…….ada yang mama yang baik……ada mama yang cerewet…….ada mama yang menyenangkan……..tapi ada mama yang tidak menyenangkan…….teman-teman terkasih…..apapun pribadi mama anda, tahukah anda bahwa sebelum anda bangun pagi dan sesudah anda tertidur lelap di malam hari, mama selalu berdoa untuk anda……..sadarkah anda bahwa mama selalu menangis untuk anda……..jika anda mencintai mama anda, katakan dalam hati anda: mama, aku sayang mama…………katakan dalam hati anda: mama, aku sayang mama………..katakan sekali lagi……mama, aku sayang mama……….

Lagu: Mama…Elly. S

Lagu: Perjalanan Ini

Ka’ Onal

Teman-teman yang terkasih, hidup kita ini adalah sebuah perjalanan yang tidak berhenti melainkan terus berjalan......anda sudah berjuang selama ini, kini anda seorang siswa SMU Don Bosco…….masuk SMU Don Bosco adalah sebuah rahmat terindah…..yang membutuhkan perjuangan untuk bisa melewatinya…….jangan takut karena ada banyak cinta yang akan anda dapat di tempat ini………ingatlah bahwa SMU Don Bosco adalah perjalanan kehidupan anda sekarang ini…….perjalanan yang indah bukan menakutkan………anda tidak perlu takut karena aturan atau disiplin…….anda tidak perlu takut karena mendengar cerita-cerita yang menyeramkan tentang SMU Don Bosco……..jika anda berhasil maka berikan diri anda untuk dibina……ingatlah bahwa sebuah cinta sejati dalam kehidupan hanya diperoleh dalam pengorbanan kehidupan…….kalau anda ingin sukses, maka SMU Don Bosco adalah tempatnya………berikan apa yang terbaik dari diri anda maka anda akan merasakan betapa luar biasanya SMU Don Bosco………ingatlah bahwa anda dan saya adalah anggur yang baru dan SMU Don Bosco adalah kantung yang baru tempat menyimpan anggur yang baru itu………..kita tentu tidak bisa berjalan sendiri karena itu datang kepada Tuhan karena Tuhan akan selalu menenami kita…………..

Lagu: Ku tak dapat jalan sendiri

Teman-teman yang terkasih, jadilah siswa yang baik……..siswa yang penurut bukan munafik……siswa yang rajin belajar…….siswa yang rajin mengerjakan tugas-tugas….siswa yang bisa datang tepat waktu…….intinya, jadilah siswa yang terbaik…..bukan untuk SMU Don Bosco pertama-tama tapi yang terbaik untuk diri anda sendiri……..katakan dalam hati aku akan menjadi siswa yang terbaik……katakana sekali lagi: aku akan menjadi siswa yang terbaik……..sadarlah bahwa SMU Don Bosco adalah bentuk nyata dari Yesus yang mencintai anda…….disini anda dicintai, sama seperti Yesus mencintai anda……Yesus sayang anda dan saya…….

Lagu:  Yesus Sayang Padaku……

Teman-teman yang terkasih marilah kita hening sejenak dan menyerahkan semua perjalanan yang telah lewat dan apa yang akan kita alami di SMU Don Bosco ini kepada Tuhan……mari kita tenangkan hati kita, agar kita siap menjadi siswa yang terbaik……..

Lagu: Tenangkan Hatiku

·         Doa Penutup



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti K13 Kelas 1 Pelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER JMJ (RPP) Nama Sekolah            : SD Katolik Santa Maria Piru Mata Pelajaran    ...