Senin, 16 Mei 2016

UN Perbaikan Akan Diselenggarakan Agustus 2016

Jakarta, Kemendikbud --- Ujian Nasional Perbaikan (UNP) adalah ujian nasional yang diselenggarakan untuk peserta didik pada jenjang SMA/Sederajat yang mencapai nilai UN kurang dari atau sama dengan 55,0 (lima puluh lima koma nol) pada suatu mata pelajaran, jadi bukan dihitung dari nilai rata-rata UN. UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2014/2015 telah berlangsung pada bulan Februari 2016, sedangkan UNP untuk lulusan tahun pelajaran 2015/2016 akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2016.

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2016 untuk SMK direncanakan berlangsung pada 29 Agustus s.d 1 September 2016, sedangkan UNP untuk SMA/MA/SMAK/SMTK diselenggarakan pada 29 Agustus s.d 6 September 2016. Kemudian UNP untuk Paket C akan berlangsung pada 29 Agustus s.d 7 September 2016.

UN Perbaikan dilaksanakan dengan berbasis komputer. Pendaftarannya dilakukan secara daring atau online pada tanggal 1 Juni s.d 16 Juli 2016 melalui laman http://unp.kemdikbud.go.id . UNP bersifat tidak wajib, yaitu diperuntukkan hanya bagi siswa yang berkeinginan untuk memperbaiki nilai mata pelajaran tersebut.

Peserta dapat memilih tempat ujian berdasarkan sekolah-sekolah yang ditetapkan menjadi tempat ujian dan telah dinyatakan siap oleh Panitia UN Provinsi. Lokasi ujian bisa dipilih di luar daerah sekolah asal peserta. Jadi jika ada peserta yang telah pindah domisili atau sudah kuliah di daerah lain bisa memilih lokasi ujian di daerah tersebut.

Soal-soal untuk UNP mengacu pada kisi-kisi UN yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jika nilai yang diperoleh dalam UNP ternyata hasilnya lebih kecil dari nilai UN (sebelum UNP), maka yang diambil adalah nilai yang terbaik atau tertinggi. UNP hanya bisa diikuti satu kali, sehingga tidak ada kesempatan kedua untuk memperbaiki nilai.

Setelah peserta didik mengikuti UNP, tidak ada ijazah yang dikeluarkan khusus untuk UNP. Yang dikeluarkan hanya Sertifikat Hasil Ujian Nasional Perbaikan (SHUNP) yang tercantum nilai mata pelajaran yang diperbaiki dalam UNP.

Sumber : kemdikbud.go.id

Buka OSN 2016, Mendikbud Ajak Siswa Tingkatkan Pemahaman Ilmu Sains Murni

Palembang, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan membuka secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016, Senin (16/5/2015) di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang Sumatera Selatan. 
Dalam kesempatan tersebut Mendikbud mengajak para siswa meningkatkan pemahaman ilmu sains murni. "Sangat penting bagi kita untuk mengejar penguasaan ilmu murni, tak hanya ilmu terapan," ajak Anies.
 
Menurutnya revolusi teknologi selalu diawali dengan revolusi pemahaman sains. 
Teknologi adalah hasil penerapan dari pemahaman sains yang baru dan lebih mendalam.
"Seringkali kita merasa ilmu murni tak membawa manfaat langsung pada keseharian kita, maka lalu kita lebih memilih mengutamakan ilmu dan riset terapan. 
Sejatinya, keduanya perlu berjalan beriringan," ujar penggagas Program Indonesia Mengajar tersebut.
 
Pada ujungnya, menurut Mendikbud, yang perlu ditumbuhkan bukan sekedar penguasaan akan sains, tapi juga paradigma, pola pikir dan karakter ilmiah. 
"Seperti layaknya olahraga yang mendidikkan karakter pantang menyerah dan sportivitas, dan seni menumbuhkan kehalusan rasa dan kreativitas, sains juga dapat menjadi wahana penumbuhan nilai-nilai karakter positif," tambah Mendikbud.
 
Empat karakter positif yang dapat ditumbuhkan oleh pembelajaran sains, menurut Anies adalah: 

  1. rasa ingin tahu yang besar; 
  2. kegemaran bereksperimen atau melakukan percobaan; 
  3. rasa skeptis yang positif, dimana seseorang tidak mudah percaya tanpa melakukan analisis yang ilmiah; dan 
  4. integritas atau kejujuran.

"Kebiasaan keempat yang dapat ditumbuhkan lewat sains, mungkin adalah yang terpenting, yaitu kebiasaan menegakkan integritas. 
Kejujuran dalam sains sangat dijunjung tinggi," kata Anies menambahkan. Integritas saat ini masih menjadi masalah besar di Indonesia. 
Mendikbud mencontohkan dalam perdagangan di dunia maya, sering kali laman e-commerce di luar negeri menolak melayani pembelian oleh orang Indonesia. 
Anies berharap generasi mendatang memiliki integritas yang tinggi.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad dalam laporannya menyebutkan bahwa OSN tahun 2016 ini diikuti oleh 1.579 siswa. 
"Tahun ini juga diikuti siswa-siswi dari madrasah, setelah sempat berpisah tahun 2009," kata Hamid. Peserta dari tingkat SD akan berlomba di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 
Jenis lomba di tingkat SMP meliputi: Matematika, IPA, dan IPS. Untuk tingkat SMA, terdapat 9 cabang lomba yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, kebumian, dan Geografi.


sumber : kemdikbud.go.id
 

Hitung Cepat . . . . . . Beberapa Teknik . . . . . . . Semoga bermanfaat bagi para guru .. . . . . . . .



Mungkin perkalian 1 x 11 sampai 9 x 11 sudah kalian hafal.

Karena itu sangat gampang, contoh:

1 x 11 = 11

8 x 11 = 88

9 x 11 = 99

Memang itu gampang, tetapi bagaimana kalau perkalian 10 x 11 sampai 20 x 11?

Caranya:

12 x 11

Tulis angka yang akan dikalikan 11 tapi kosongkan tengahnya!

1_2 (Perhatikan. Di antara 1 dan 2 ada ruang kosong)

Maksud “_” adalah ruang kosong antara 1 dan 2. Jadi bila menulis di buku, gantilah “_” dengan spasi / tempat kosong

Lalu coba jumlahkan kedua angka itu ( 1 + 2).

Hasilnya pasti 3 kan?

Lalu taruh angka 3 di antara kedua angka itu. Lalu itu akan menjadi seperti ini:

Sebelum = 1_2

Sesudah = 132

Tapi apabila perkalian 19 x 11 bagaimana caranya?

Caranya:

Isikan tempat kosong di antara 1 dan 9 (1_9).

Lalu hitung 1 + 9.

Hasilnya pasti 10 kan? Tapi jangan menjawab hasil dari 19 x 11 = 1109!

Tapi caranya begini:

Tulis dahulu di kertas orak-orek angka 10. Lalu masukan angka akhirnya (0) jadinya seperti ini: 109.

Tapi bagaimana dengan angka 1 nya? Caranya tambahkan angka akhir dari 19 (1 nya) dengan angka 1 nya (sisanya).

1 + 1 tentu hasilnya 2 kan? Nah, sekarang kita ganti angka terakhir dari 109 menjadi 2 dan hasilnya menjadi seperti ini:

209. Coba hitung dengan cara menyusun. Hasilnya pasti 209. Gampangkan!

Trik Perkalian 25

Perkalian 25 memang sangat susah

Tapi kalau memakai trik ini, pasti lebih gampang!

Triknya:

<yang akan dikalikan 25> : 4 x 100

Apabila sisanya 0, angka 00nya tetap menjadi 00

Apabila sisanya 1, angka 00nya menjadi 25

Apabila sisanya 2, angka 00nya menjadi 50

Apabila sisanya 3, angka 00nya menjadi 75

Contoh:

25 x 12 = …….

Caranya:

12:4×100 =

3×100 = 300

Karena sisa dari 12 dibagi 4 tidak ada (0), maka 00 tetap menjadi 00

Jadi hasilnya 300!

Coba hitung dengan menyusun, pasti benar

Contoh 2:

25 x 11 =….

Caranya:

11:4×100 =

2 (sisanya 3)x100 = 200

Karena 11 dibagi 4 mempunyai sisa 3, maka angka 00 dari bilangan 200 menjadi 75

Jadi hasilnya 275!

Coba hitung dengan menyusun, pasti benar!!!!

Trik lainnya

Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Ini lah cara asyiknya!

542 = 2916

29 kita peroleh dari 25 + 4

16 kita peroleh dari 42

562 = 3136

31 kita peroleh dari 25 + 6

36 kita peroleh dari 62

572 = 3249

32 kita peroleh dari 25 + 7

49 kita peroleh dari 72

Cara hitung cepat dengan angka 9
Karena setiap bilangan sembarang jika dikalikan 9 maka jumlah hasilnya = 9
maka :
1 x 9 = 9
2 x 9 = 18, jumlah 1 + 8 = 9
3 x 9 = 27, jumlah 2 + 7 = 9
4 x 9 = 36, jumlah 3 + 6 = 9
dan seterusnya………………….

Cara hitung cepat dengan angka 9 :
Contoh : 22 x 9 = 198,
( cara cepatnya 2 x 9 = 18, lalu selipkan angka 9 ditengah ), jadi jumlahnya adalah 198
simak cara cepatnya berikut ini :
33 x 9 = 297 ( cara cepat 3 x 9 = 27, selipkan 9 ditengah )
44 x 9 = 396
55 x 9 = 495
66 x 9 = 594
77 x 9 = 693
88 x 9 = 792
99 x 9 = 891
lalu bagaimana jika dengan 3 angka kembar, selipkan saja angka 99 ditengahnya.
Contoh :
222 x 9 = 1998 (cara cepat 2 x 9= 18, selipkan 99 ditengah )
333 x 9 = 2997
444 x 9 = 3996
555 x 9 = 4995

Rumus Kuadrat dua digit dengan awalan digit lima

Cara menghitungnya adalah dengan menambahkan bilangan 25 dengan satuan bilangan yang akan dikuadratkan. Kemudian kuadratkanlah satuan bilangan yang akan dikuadratkan tersebut. Lalu gabungkan (Khusus untuk angka satuan 1,2, dan 3 hasil kuadratnya harus dituliskan dengan 01, 04, dan 09)

Contohnya

Berapa Kuadrat 56 = ?

25 + 6 (6 merupakan digit terakhir)  = 31
Kuadrat 6 = 36
Hasil gabungan akhirnya adalah 3136
2. Rumus Kuadrat tiga digit dengan digit akhir lima

Firstly, kalikan angka sebelum angka lima dengan angka urutan selanjutnya dan kemudian tuliskan angka 25 di belakang dengan angka dari hasil pertama

Contohnya:

Berapa Kuadrat 225 = ?

Angka sebelum 5, yakni angka 22. Kemudian, angka setelah 22 yakni angka 23. Kemudian kita kalikan 22 x 23 = 506
Kemudian hasilnya kita tambahkan angka 25 di belakangnya, sehingga hasilnya adalah 50.625
3.Rumus kuadrat dua digit dengan digit terakhir satu

Ambil angka puluhan kemudian dikuadratkan (misalkan diperoleh C). Kemudian ambil kembali angka puluhan yang pertama (misalkan A), kemudian dapatkan 1 angka setelah angka puluhan tersebut (misalkan B). Lalu tambahkan A dan B, semisal diperoleh D. Akhirnya tambahkan C+D

Contohnya:

Berapa Kuadrat 31 = ?

Kuadrat 30 = 900 …. (C)
Angka setelah 30 (A), yakni 31 (B)
31 + 30 = 61 …. (D)
Jumlahkan C+D   = 900 + 61 = 961
4.Rumus perkalian satu digit atau dua digit dengan 99

Mula-mula kurangi bilangan pertama dengan angka 1 terlebih dahulu kemudian kurangi bilangan 100 dengan bilangan tersebut. Hasil akhirnya tinggal digabungkan saja.

Contohnya :

Berapa 42 x 99 = ?

42 – 1 = 41
100 – 42 = 58
Hasilnya adalah 4158
5.Rumus perkalian dua digit dengan angka 11

Perhitungan ini seperti membalikkan telapak tangan. Mula-mula untuk bilangan pertama (selain 11), kita sisipkan dua digit tersebut, dengan 1 digit yang merupakan hasil penjumlahan kedua digit bilangan bersebut.

Contohnya:

Berapa 72 x 11 = ?

7 ? 2
7 + 2 = 9
Hasilnya adalah 792
6.Rumus perkalian dua digit dengan 101

Piece of pizza, yakni dengan cara tuliskan angkanya dua kali.

Contohnya adalah

Berapa 33 x 101 = ?

33ditulis 2 kali sehingga menjadi 3333
7.Rumus perkalian even number dengan 1,5 atau 2,5 atau 3,5 dan seterusnya

Kalikan bilangan pengalian dengan 2. Lalu bilangan pertama yang dikalikan dibagi dengan angka 2. Hasil akhirnya adalah perkalian dari bilangan pengalian dengan 2 dengan hasil dari bilangan yang dibagikan dengan angka 2

Contoh 1 :

Berapa 32 x 2,5 = ?

2,5 x 2 = 5
32 : 2 = 16
Hasilnya adalah 5 x 16 = 80
Contoh 2 :

Berapa 20 x 7,5 = ?

7,5 x 2 = 15
20 : 2 = 10
Hasilnya adalah 15x 10 = 150
8.Rumus perkalian dua bilangan (dua digit) dengan nilai berselisih dua

Pertama tama adalah kuadratkan bilangan di antaranya. Lalu hasilnya dikurangkan dengan 1

Contohnya:

Berapa 14 x 16 = ?

Kuadrat 15 = 225
Hasilnya adalah 225 – 1 = 224
9. Rumus perkalian dua bilangan dengan digit puluhan kedua bilangan yang bernilai sama dan jumlah digit kedua bilangan satuannya adalah 10

Mula mula kalikan bilangan puluhan dengan bilangan berikutnya , lalu kalikan masing-masing digit satuannya. Hasil akhirnya adalah penggabungan hasil dari bilangan puluhan yang di kalikan dengan bilangan satuan yang di kalikan.

Contohnya:

Berapa 38 x 32 = ?

3 x 4 = 12
8 x 2= 16
Hasilnya adalah 1216
Ternyata sangat mudah kan untuk mengerjakan perkalian dan kuadrat dengan rumus ini.

RPP Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti K13 Kelas 1 Pelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER JMJ (RPP) Nama Sekolah            : SD Katolik Santa Maria Piru Mata Pelajaran    ...