RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BERKARAKTER JMJ
(RPP)
Nama Sekolah : SD Katolik
Santa Maria Piru
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : I / I
Materi : Diriku
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
|
3
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahun tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
|
4
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencermintakan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
|
Bersyukur atas dirinya dan anugerah teman.
|
2.1
|
Percaya diri terhadap dirinya dan teman.
|
3.1
|
Mengenal dirinya dan temannya sebagai anugerah
Allah.
|
4.1
|
Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan atau
menghias doa/berpuisi/bernyanyi) yang mengungkapkan rasa bangga dan syukur
atas anugerah dirinya dan temannya.
|
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
1.1.1
|
Mengungkapkan syukur atas kekhasan yang diberikan
Allah.
|
2.1.1
|
Bangga bahwa dirinya mempunyai kekhasan.
|
2.1.2
|
Menghormati identitas orang lain.
|
3.1.1
|
Menuliskan identitas dirinya dengan benar.
|
3.1.2
|
Menjelaskan mengapa seseorang diberi nama.
|
3.1.3
|
Menceritakan kembali kisah Yesus diberi nama.
|
4.1.1
|
Membuat doa syukur kepada Tuhan atas anugereah
dirinya yang khas.
|
D.
Pemahaman
Peserta didik mampu memahami dan menghayati kekhasan dirinya.
E.
Nilai
Sekolah
Integritas
(Integritas)
F.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Mengungkapkan syukur atas kekhasan yang diberikan Allah.
- Bangga bahwa dirinya mempunyai kekhasan.
- Menghormati identitas orang lain.
- Menuliskan identitas dirinya dengan benar.
- Menjelaskan mengapa seseorang diberi nama.
- Menceritakan kembali kisah Yesus diberi nama.
- Membuat doa syukur kepada Tuhan atas anugereah dirinya yang khas.
G.
Materi
Pembelajaran
1. Identitas diri.
2. Kisah Yesus diberi
nama.
3. Doa dan lagu syukur
atas anugereah dirinya yang khas.
H.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Scientific
- Model : Discovery Learning
- Metode : Bermain, tanya
jawab, cerita, informasi/ceramah dan refleksi
- I. Langkah-langkah PembelajaranJenis KegiatanKegiatanAlokasi WaktuGuruPeserta DidikPembukaanKonteks :1. Membuka pembelajaran dengan salam dan menanyakan kabar.2. Menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa.3. Mengecek kehadiran peserta didik.4. Menyampaikan materi pokok dan tujuan pembelajaran yakni:a. Materi pokok tentang diriku.b. Tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu : 1). Mengungkapkan syukur atas kekhasan yang diberikan Allah. 2). Bangga bahwa dirinya mempunyai kekhasan. 3). Menghormati identitas orang lain. 4). Menuliskan identitas dirinya dengan benar. 5). Menjelaskan mengapa seseorang diberi nama. 6). Menceritakan kembali kisah Yesus diberi nama. 7). Membuat doa syukur kepada Tuhan atas anugereah dirinya yang khas.5. Menyampaikan nilai karakter yang ada dalam pembelajaran yakni sikap integritas ditunjukkan melalui perilaku: mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, memaafkan orang lain yang melakukan kesalahan, menyerahkan barang milik orang lain yang ditemukan, mengerjakan tugas dengan jujur, mengerjakan soal ulangan dengan jujur.Konteks :1. Memberi salam dan memberikan keterangan kabar hari ini.2. Memimpin doa (peserta didik yang ditunjuk).3. Memberikan keterangan kehadiran sesuai dengan nama yang dipanggil guru.4. Menyimak dan mengklarifikasi materi dan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.5. Menyimak dan mengklarifikasi nilai yang disampaikan guru.25 MenitKegiatan IntiPengalaman1. Mengajak peserta didik untuk mengenal identitas diri melalui permainan.2. Menyiapkan nama-nama peserta didik dan mempersilahkan peserta didik untuk mengambil satu nama yang terdapat dalam kotak setelah itu peserta didik mencari teman yang sesuai dengan nama yang tertulis di kertas (permainan dilakukan berulang-ulang sampai peserta didik bisa saling mengenal).3. Setelah saling mengenal, peserta didik dipersilahkan maju ke depan untuk memperkenalkan namanya dan nama teman-teman yang diperoleh dalam permainan.4. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi permainan dengan bertanya atau menyatakan pendapatnya, misalnya: 1). Apakah senang berkenalan dengan teman? 2). Selain nama, apa lagi keterangan diri seseorang yang perlu dikenal? 3). Bagaimana sikap yang baik bila menyebut nama seseorang?5. Memberi peneguhan berdasarkan jawaban peserta didik: Nama diberikan orang tua sejak kita lahir. Setiap orang mempunyai nama yang membedakan dirinya dengan orang lain. Nama dan keterangan diri menunjukkan identitas kita. Identitas sangat penting agar orang lain dapat mengenal kita dengan baik. Kita hendaknya bersyukur kepada Tuhan karena identitas diri ini. Karena itu, pangillah nama temanmu dengan benar dan sopan.6. Mengajak peserta didik mengamati gambar anak-anak dari berbagai etnis (buku siswa halaman 12).7. Memberikan kesempatan kepada peserta didik mendalami gambar yang diamati: mengapa ada yang berambut keriting? Mengapa ada yang berkulit putih? Siapa yang memberikan rambut, kulita dan mata yang berbeda?8. Memberikan peneguhan atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan peserta didik: setiap orang mempunyai kekhasan atau keistimewaan yang tidak dimiliki oleh orang lain selain identitas diri. Ada yang berkulit putih, ada yang berkulit hitam, ada yang berambut keriting, ada yang berambut lurus dan sebagainya. Kekhasan ini merupakan anugerah Tuhan yang harus disyukurti dan diterima sebagaimana adanya.9. Mengajak peserta didik untuk mendengarkan dan menanggapi kisah Yesus disunat dan diserakan kepada Allah dengan bertanya atau menyatakan pendapatnya (Lukas 2:21-40).10. Mengajak peserta didik mendalami kisah Lukas 2;21-40 dengan menjawab pertanyaan: Siapakah yang nama yang disebut malaikat? Kapan Yesus diberi nama? Apa yang dipersembahkan kepada Allah? Siapa itu Simeon dan Hana?11. Memberikan peneguhan berdasarkan pertanyaan dan tanggapan peserta didik: Yesus diberi nama seperti yang disebutkan oleh Malaikat Gabriel sebelum Ia dikandung ibuNya. Yesus juga diserahkan kepada Allah. Sebagai tanda persembahan, diserahkan sepasang tekukur dan dua ekor burung merpati. Di Bait Allah, Yesus disambut dengan gembira oleh Simeon dan Hana. Kita hendaknya bersyukur kepada Tuhan karena telah membimbing orang tua untuk memberi ktia nama yang istimewa, nama yang menunjukkan kekhasan diri kita.Refleksi· Mengajak peserta didik untuk mengingat identitasnya uang benar dengan pertanyaan: Apakah aku mengenal identitas diriku dengan benar?· Nilai integritas: apa yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan nilai integritas?Nilai integritas ditunjukkan melalui perilaku: mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, memaafkan orang lain yang melakukan kesalahan, menyerahkan barang milik orang lain yang ditemukan, mengerjakan tugas dengan jujur, mengerjakan soal ulangan dengan jujur.Pengalaman1. Menyimak penjelasan guru tentang permainan mengenal diri.2. Maju ke depan mengambil nama yang ada dalam kotak, mencari teman yang namanya tertulis pada lembaran kertas.3. Satu per satu maju ke depan dan memperkenalkan namanya dan nama teman-teman yang dikenalnya.4. Menanggapi pertanyaan guru dengan jawaban spontan, misalnya: senang bisa kenal teman baru, bisa tahu tempat tinggalnya, menyebut nama teman dengan benar.5. Menyimak peneguhan dari guru.6. Mengamati gambar yang ada pada buku siswa.7. Menjawab pertanyaan yang diberikan guru berdasarkan gambar yang diamati.8. Menyimak penjelasan dan peneguhan dari guru.9. Mendengarkan dan menanggapi kisah Yesus disunat dan diserakan kepada Allah dengan bertanya atau menyatakan pendapatnya (Lukas 2:21-40).10. Menjawab pertanyaan yang diberikan guru.11. Menyimak peneguhan dan penjelasan guru.Refleksi· Merenungkan dan mengingat kembali jawaban tentang dirinya di awal pembelajaran.· Menunjukkan nilai integritas dengan bangga atas diri sendiri dan menghargai perbedaan dengan teman.90 MenitPenutupAksi· Mengajak peserta didik untuk mengenal dirinya dengan baik sambil mengisi kartu identitas diri yang sudah disiapkan dan dibagikan kepada peserta didik.· Mengajak siswa menempel foto pada kartu identitas diri dan hias kartu tersebut dengan indah.Evaluasi1. Memberikan ulangan harian dengan 5 pertanyaan.2. Memberikan tugas menghias doa syukur kepada Tuhan.Mengajak peserta didik untuk menutup pembelajaran dengan.Aksi· Mengisi kartu identitas diri dengan benar.· Menempel foto dan menghias kartu identitas diri.Evaluasi1. Menjawab 5 pertanyaan yang diberikan guru dengan benar.2. Menghias doa syukur yang diberikan guru dengan kreasi masing-masingMenutup pembelajaran dengan doa.25 Menit
-
A. Alat/Bahan/Sumber Belajar· Alat/Bahan :1) Kitab Suci2) Lagu3) Gambar4) Permainan5) Kartu identitas· Sumber :1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Pedidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Pedidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.3) Komisi Kateketik KWI. 2017. Buku Guru, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Belajar Mengenal Yesus Untuk SD Kelas I. Yogyakarta: Kanisius.4) Komisi Kateketik KWI. 2017. Buku Siswa, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Belajar Mengenal Yesus Untuk SD Kelas I. Yogyakarta: Kanisius.5) Lembaga Alkitab Indonesia Indonesia. 2015. Alkitab Deuterokanonika. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia Indonesia.6) Pengalaman hidup siswa berkaitan dengan kekhasan dirinya.Penilaian Sikap SpiritualTeknik : ObservasiBentuk instrumen : Lembar ObservasiNoIndikatorButir InstrumenYaTidak1Mengungkapkan syukur atas kekhasan yang diberikan Allah.Mengucapkan doa syukur atas dirinya yang khas.NoNama Peserta DidikMengucapkan doa syukur atas dirinya yang khasYaTidak1Fergio Rodrgio Sitanayav2Herzina Freldya Kamalatuv3Yeremia Godfrey Delfi Pattiasinav4Yehuda Gabriel Tuhuteruv5Tenri Prayer Puttileihalatv6Samuel Valentino Lamerev7Olivia Salenussav8Obed Garter Pelasulav9Miralda Silvia Lewaherilla--10Mikhael Hendrik Lekatompessyv11Marsha Auralita Nikijuluwv12Maria Ribka Tutuboyv13Jevan Adri Saleluav14Inka Celyn Silahoy--15Haelen Nasya Ellyv16Gifty Joyqueen Salomina Titaleyv17Gian Gwen Rotasouwv18Eugenia Christabel A. Mualv19El Quuin Mawenev20Devan Karel Willem Latue--21Aprillyo Chrysanto DienvPenilaian Sikap SosialTeknik : ObservasiBentuk instrumen : Lembar ObservasiNoIndikatorButir InstrumenYaTidak1Bangga bahwa dirinya mempunyai kekhasan.Menyebutkan identitas dirinya dengan bangga.Memanggil nama teman dengan sopan.Menyebutkan ciri-ciri khas fisik dengan bangga.NoNama Peserta DidikMenyebutkan identitas dirinya dengan banggaMemanggil nama teman dengan sopanMenyebutkan ciri-ciri khas fisik dengan banggaYaTidakYaTidakYaTidak1Fergio Rodrgio Sitanaya2Herzina Freldya Kamalatu3Yeremia Godfrey Delfi Pattiasina4Yehuda Gabriel Tuhuteru5Tenri Prayer Puttileihalat6Samuel Valentino Lamere7Olivia Salenussa8Obed Garter Pelasula9Miralda Silvia Lewaherilla10Mikhael Hendrik Lekatompessy11Marsha Auralita Nikijuluw12Maria Ribka Tutuboy13Jevan Adri Salelua14Inka Celyn Silahoy15Haelen Nasya Elly16Gifty Joyqueen Salomina Titaley17Gian Gwen Rotasouw18Eugenia Christabel A. Mual19El Quuin Mawene20Devan Karel Willem Latue21Aprillyo Chrysanto DienPenilaian PengetahuanTeknik : Lisan/tertulis (Ulangan Harian)Bentuk instrumen : IsianNoIndikatorButir InstrumenSkor1Menuliskan identitas dirinya dengan benar.Tuliskan nama lengkapmu!20Tuliskan nama panggilanmu!202Menjelaskan mengapa seseorang diberi nama.Mengapa kamu diberi nama (lisan)Menyebutkan arti nama dirinya (lisan)203Menceritakan kembali kisah Yesus diberi nama (Lukas 2:21-40)Untuk apa Yesus dibawa ke Bait Allah?20Kapan Yesus diberi nama?20Skor maksimal100NoNama Peserta Didik12345NA1Fergio Rodrgio Sitanaya2Herzina Freldya Kamalatu3Yeremia Godfrey Delfi Pattiasina4Yehuda Gabriel Tuhuteru5Tenri Prayer Puttileihalat6Samuel Valentino Lamere7Olivia Salenussa8Obed Garter Pelasula9Miralda Silvia Lewaherilla10Mikhael Hendrik Lekatompessy11Marsha Auralita Nikijuluw12Maria Ribka Tutuboy13Jevan Adri Salelua14Inka Celyn Silahoy15Haelen Nasya Elly16Gifty Joyqueen Salomina Titaley17Gian Gwen Rotasouw18Eugenia Christabel A. Mual19El Quuin Mawene20Devan Karel Willem Latue21Aprillyo Chrysanto DienPenilaian KeterampilanTeknik : TertulisBentuk instrumen : Membuat doa syukurNoIndikatorButir InstrumenSkor1Membuat doa syukur kepada Tuhan atas anugerah dirinya yang khas.Isi doa100Skor maksimal100NoNama Peserta DidikIsi Doa1Fergio Rodrgio Sitanaya2Herzina Freldya Kamalatu3Yeremia Godfrey Delfi Pattiasina4Yehuda Gabriel Tuhuteru5Tenri Prayer Puttileihalat6Samuel Valentino Lamere7Olivia Salenussa8Obed Garter Pelasula9Miralda Silvia Lewaherilla10Mikhael Hendrik Lekatompessy11Marsha Auralita Nikijuluw12Maria Ribka Tutuboy13Jevan Adri Salelua14Inka Celyn Silahoy15Haelen Nasya Elly16Gifty Joyqueen Salomina Titaley17Gian Gwen Rotasouw18Eugenia Christabel A. Mual19El Quuin Mawene20Devan Karel Willem Latue21Aprillyo Chrysanto DienPengayaan· Bagi siswa yang telah memahami pelajaran ini, diberikan pengayaan antara lain dengan membaca Kitab Suci dari Lukas 1:63.RemedialBagi siswa yang belum memahami pelajaran ini, diberikan remedial dengan kegiatan:· Guru menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik hal-hal yang belum mereka pahami.· Berdasarkan hal-hal yang belum mereka pahami, guru mengajak peserta didik untuk mempelajari kembali dengan memberikan bantuan peneguhan-peneguhan yang lebih praktis.· Guru memberikan penilaian ulang untuk penilaian keterampilan dengan menuliskan kembali identitas dirinya dengan benar dan menghiasnya.Mengetahui,Kepala SekolahSr. Elisabeth Ray, SJMJ, S.Ag.M.PdPiru, 10 Agustus 2019Guru Bidang StudiRonald Maturbongs, S.Fils
Tidak ada komentar:
Posting Komentar